Wednesday, October 22, 2008

Summit Wadi Khab As Shamis

Akhirnya sampai juga kami di summit nya.
Puncak Summit ini adalah yang tertinggi yang bisa kita jelajahi, setelah ketinggian wadi terendah sekitar 5 meter dari permukaan laut, maka sekarang adalah 990 m diatas permukaan laut. Lumayan juga udara agak sejuk meski matahari sedang hot2nya bersinar.

Sebetulnya bukan gunung tertinggi yang pernah kami jelajahi. Ketika kami ke Musandam Utara kami sempet mengunjungi Jebel Hareem sekitar 1600 m diatas permukaan laut dan Jebel Al Akhdar di Western Hajar/Oman sekitar 2000 - 2400 m diatas permukaan laut.

Jika kita ingin meneruskan perjalanan, dari summit ini kita akan terus menuruni bukit ini dengan jalanan yang sangat steep/curam sejauh 7.2 km, beneran kudu hati2 dan kemudian kita akan bertemu dengan post penjagaan Oman.

Pos penjagaan Oman ini terletak di mulut wadi Bieh, yang terbentang dari kanan kekiri, merupakan wadi yang sangat luas dan lebih merupakan plateau yang indah dan subur ketika hujan.
Kita akan diperbolehkan melanjutkan perjalanan kearah kiri yakni ke wadi bieh bagian UAE.
Sedangkan kearah kanan adalah wadi bieh kearah musandam yang hanya diperbolehkan bagi warga oman dan uae saja.
Alasannya ada instalasi militer, dan mereka gak siap dengan border yang pake stempel.

Sebetulnya jika diperbolehkan kita dapat menyusuri wadinya sejauh 6 km, lalu menanjak menuju Rowdah lalu melewati jabal hareem , saygh plateau dan menuju kota khasab.
Sayang jalan tembus ini gak bisa dilalui oleh umum.

Yang dapat kita tembus adalah menyusuri Wadi Bieh wilayah UAE, melewati ainee hike dan celestial wall sejauh 3.5 km, maka kita akan bertemu dengan post penjagaan UAE.
Setelah pos UAE kita akan langsung bertemu dengan tarmac road yang mulus, lalu 12 km kemudian bertemu dengan bendungan dan 6 km kemudian masuk kearah kota RAK (Ras Al Khaimah).
Jelas dibutuhkan pasport bila kita akan menembus border tsb.

Kali ini perjalanan kami hingga summit saja, dan kembali ke wadi sambil mencari tempat yang enak buat makan siang.
Hanya setengah jam kami disini, tapi cukup puas menikmati pemandangan dan tentunya berfoto ria jangan dilupakan...

Slide shownya dapat dinikmati dibawah ini :





Foto2 sebagian besar milik kami, ditambah dengan koleksi keluarga Rizal, Anto dan Sam. Terima kasih atas kebersamaan yang indah ini.



Back to : Off Road ke Wadi Khab As Shamis

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home